Jumat, 27 Agustus 2010

Air Kelapa Muda Bukan Hanya Sebagai Pereda Rasa Haus Saja


Kenikmatan yang tiada tara bila ketika berbuka puasa, salah satu sajiannya adalah serutan kelapa muda dicampur dengan airnya ditambah sirup dan es. Ternyata hasil penelitian dari Balai Penelitian Kelapa Manado dilporkan bahwa air buah kelapa muda memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap dan tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai minuman kesehatan. Cairan ini bila dimanfaatkan untuk membasuh muka setiap hari, dapat menghilangkan jerawat dan bintik-bintik hitam. Bahkan dapat dimanfaatkan sebagai minuman isotonik alami yang berfungsi sebagai penguat tubuh dan kecantikan.

Pemanfaatan kelapa Genjah sebagai tanaman pekarangan, masih sangat terbatas dibandingkan dengan potensi yang dimilikinya. Beberapa tahun lalu penelitian tentang pemanfaatan air kelapa Genjah sudah dilakukan oleh beberapa peneliti Balai Penelitian Kelapa dan Palma Lain (Balitka Manado). Hasil penelitian yang dilakukan oleh Ismail Maskromo, Jenette Kumaunang dan Steivie Karouw dilaporkan bahwa air buah kelapa muda mempunyai kandungan karabohidrat sederhana yaitu glokosa, sukrosa, fruktosa, serbitol dan inositol. Selain itu air kelapa muda disamping mempunyai kandungan kalium yang tinggi (7300 mg/liter) juga mengandung asam amino seperti araginin, alanin, sistein dan serin.

Dari hasil analisis beberapa jenis air kelapa, dapat disimpulkan bahwa Kelapa Genjah Salak dan Kelapa Genjah Kuning Nias memiliki keunggulan dalam hal kandungan gizi, sehingga baik dikonsumsi secara langsung dalam bentuk minuman segar dan berpotensi sebagai bahan baku untuk diolah menjadi minuman kesehatan. Hasil penelitian ini telah dipresentasikan dalam Konferensi Nasional Kelapa Ke Enam di Gorontalo pada tahun 2006.

Air kelapa muda disamping dapat diminum langsung, juga dapat diolah menjadi minuman kesehatan setelah melalui beberapa tahapan pemrosesan. Tahapannya adalah air kelapa muda disaring dengan menggunakan alat saring, kemudian tambahkan gula 10% dan asam sitrat 0,15% per liter lalu dipanaskan sampai mendidih. Angkat dan masukkan kedalam botol atau kemasan plastik cup. Minuman ini tahan dalam penyimpanan sampai dua bulan. Proses pengawetan air kelapa dengan teknik pemanasan Ultra High Temperature (UHT) mampu meningkatkan daya simpan, tetapi nilai gizi, citarasa dan aroma khas air kelapa muda mengalami perubahan.

Oleh karena potensi air kelapa di Indonesia yang sangat besar sebagai minuman energi banyak diminati konsumen, diharapkan air kelapa selain dapat sebagai pelepas dahaga, juga dapat digunakan sebagai minuman isotonik alami yang berfungsi sebagai penguat tubuh dan kecantikan.


sumber : http://www.litbang.deptan.go.id

0 komentar:

Posting Komentar

visit globe