Jumat, 27 Agustus 2010

8 Wilayah Jadi Prioritas Pengamanan Lebaran


"Jumlah kekuatan yang kita gelar di lapangan seluruhnya 89.521 personel Polri."

Polri mengerahkan 89.521 personel untuk Operasi Ketupat 2010 yang akan berlangsung mulai 3 hingga 18 September 2010. Personel yang dikerahkan dalam operasi pengamanan lebaran 2010 itu terdiri dari Mabes Polri dan Polda di Seluruh Indonesia.

"Jumlah kekuatan yang kita gelar di lapangan seluruhnya 89.521 personel Polri," kata Deops Kapolri, Inspektur Jenderal Polisi Soenarko di Mabes Polri, Jumat 27 Agustus 2010.

Operasi ini akan dimulai dengan gelar pasukan di wilayah-wilayah seluruh Indonesia. "Tanggal 2 (September) secara serempak secara kewilayahan melakukan gelar pasukan kewilayahan sebagai tanda dimulainya operasi," kata dia.

Dia mengatakan, Polri tak hanya mengerahkan personel biasa saja. Namun, kata dia, Polri juga akan menerjunkan anggotanya dari Korps Brimob di tiap-tiap Polda. "Rata-rata jumlah yang diterjunkan 50 hingga 60 anggota," kata dia.

"Kekuatan itu kita tempatkan di daerah sesuai analisa kewilayahan yang punya kerawanan cukup tinggi."

Daerah operasi yang termasuk dalam prioritas I adalah Polda Lampung, Polda Banten, Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda DIY, Polda Jawa Timur, dan Polda Bali. Sementara itu, Polda lainnya masuk dalam kategori prioritas II.

Target oparesi ini antara lain terkait dengan kelancaran lalu lintas di titik-titik yang selama ini rawan macet. Selain itu, mengurangi jumlah kecelakaan di jalan dan menekan pelanggaran lalu lintas oleh masyarakat. Kemudian, "Menjaga kondisi Kamtibmas yang kondusif," kata dia

Sementara itu, sasaran operasi ini adalah tempat-tempat umum, seperti rumah ibadah, tempat-tempat yang dijadikan tempat ibadah, pusat perbelanjaan, jalur mudik, tempat wisata dan tempat keramaian lainnya.

Polri pun berharap masyarakat tidak hanya menggantungkan keamanan pada petugas saja. Polri meminta masyarakat untuk turut menjaga keamanan diri mereka sendiri dan lingkungannya.

Masyarakat diimbau untuk tidak memamerkan barang dan membawa uang secukupnya saja selama mudik. Masyarakat juga diiimbau berhati-hati dengan orang yang baru dikenal. Selain itu jangan lupa, "Pastikan bahwa rumah yang anda tinggal bebas dari bahaya kebakaran dan pencurian."

sumber : VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

visit globe