Jumat, 03 September 2010

Akses Masuk Jadi Prioritas

Pengamanan Oprasi Ketupat 2010

TANJUNG REDEB - Bandara Kalimarau, Pasar Sanggam Adji Dilayas, dan akses masuk ke Kabupaten Berau menjadi proiritas utama dalam pengamanan Operasi Ketupat 2010 di lingkungan Polres Berau. Hal tersebut disampaikan Kapolres Berau AKBP Armed Wijaya saat menjadi inspektur upacara (Irup) dalam upacara gelar pasukan Operasi Ketupat 2010 di halaman Mapolres Berau kemarin (2/9).

Dalam apel yang dihadiri unsur muspida Berau itu berlangsung lancar. Selain itu, hadir sebagai peserta apel tersebut meliputi unsur kemananan yang terdiri dari kepolisian, Kodim 0902 Tanjung Redeb, Satuan Polisi Pamong Praja, dan kesatuan Yon Armed Buritkang.

Dikatakan Kapolres, gelar pasukan Operasi Ketupat 2010 yang diselenggarakan serentak di seluruh Kesatuan Polisi Daerah (Polda) dan kesatuan wilayah dimaksudkan untuk menunjukan kesiapan Polri dalam menyelenggarakan operasi tersebut. Hal ini juga dalam rangka menjaga dan mempertahankan kondusivitas wilayah, sehingga masyarakat di wilayah Indonesia dapat merayakan Idulfitri secara aman dan nyaman.

”Ini merupakan salah satu komitmen Polri untuk menciptakan suasana kondusif menjelang perayaan Idulfitri,” tegas Kapolres.

Selain itu, dikatakannya, jumlah pemudik yang akan merayakan lebaran tahun ini diperkirakan mencapai 16 juta jiwa. Sedangkan jumlah kendaraan yang akan digunakan untuk mudik mencapai 5 juta unit atau mengalami kenaikan 5 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya, dikatakannya, peningkatan volume kendaraan yang tidak seimbang dengan kapasitas jalan, tentunya dibarengi dengan aktivitas pasar tumpah yang sering terjadi menjelang datangnya Idulfitri, dan kurangnya pemahaman para pengguna jalan berdampak pada terjadinya kemacetan lalu lintas yang cukup panjang.

Dengan pelaksanaan Operasi Ketupat, dapat menekan tingkat kecelakaan yang diakibatkan ketidakdisiplinan para pengguna jalan. Berdasarkan data pada 2009, jumlah kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan sekitar 35,35 persen, untuk jumlah korban meninggal dunia juga mengalami penurunan 35,71 persen.

Diimbau, untuk para pemudik yang menggunakan sepeda motor sebagai sarana mudik lebaran, agar selalu memperhatikan keselamatan dengan menggunakan helm standar, dan menyalakan lampu di siang hari.

Khusus pengamanan di Berau sendiri, kata Armed, pihaknya akan menempatkan beberapa personel di Bandara Kalimarau, Pasar Sanggam Adji Dilayas, dan beberapa titik wilayah perbatasan yang digunakan sebagai akses masuk dan keluar Kabupaten Berau. Diketahui, Polres akan mengerahkan 280 personel dalam pengamanan kali ini. ”Pengamanan seperti itu diharapkan menghindarkan kejahatan yang bisa saja terjadi,” ujar Armed.

Menyinggung maraknya aksi perampokan yang sering terjadi di Indonesia, Armed menambahkan, pihaknya akan melakukan razia kendaraan bermotor di area perbatasan Berau. Hal ini dilakukan untuk menghindari aksi kejahatan yang mungkin bisa terjadi.” Polri sudah berkomitmen untuk menciptakan rasa aman kepada masyarakat yang merayakan hari raya Idulfitri,” ujarnya.

sumber : kaltimpos

0 komentar:

Posting Komentar

visit globe