Senin, 30 Agustus 2010

Luas RI Potensi Tambah Lagi di Tiga Wilayah


Tiga wilayah itu di barat Sumatera, selatan NTB, dan utara Papua.

Luas wilayah Indonesia bertambah 4.209 kilometer persegi di Aceh Barat. Selanjutnya, ada tiga wilayah lagi yang berpotensi akan menambah luas wilayah Indonesia, terutama area perairan.

Potensi penambahan tiga wilayah Indonesia itu disampaikan Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal), dalam keterangan resmi yang diterima VIVAnews, Senin 30 Agustus 2010.

Menurut Bakosurtanal, potensi penambahan wilayah itu diperoleh berdasarkan data ilmiah survei dan pemetaan sejak tahun 2003 yang dikoordinasikan beberapa instansi. Intansi yang terkait yakni, Bakosurtanal, BPPT, Kementerian ESDM, Kementerian Kelautan dan Perikanan, LIPI, Dinas Hidrografi TNI AL, dan Kementerian Luar Negeri.

Studi diawali dengan pengkajian berdasarkan data global yang dilakukan para ahli. Ini untuk menentukan lokasi-lokasi potensial untuk submisi landas kontinen diluar 200 mil laut.

"Studi itu menghasilkan tiga lokasi potensial yaitu: di sebelah Barat Sumatera, di Selatan NTB dan di Utara Papua," tulis Bakosurtanal.

Selanjutnya, hasil studi yang menggunakan data global itu dipertajam dan dilengkapi dengan bukti-bukti ilmiah sesuai panduan submisi dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), melalui Komisi Batas Landas Kontinen atau Commission on the Limits of the Continental Shelf (CLCS).

Sebelumnya, Bakosurtanal memastikan wilayah batas landas kontinen Indonesia bertambah di Aceh bagian Barat. Penambahan area perairan seluas 4.209 kilometer persegi itu merupakan salah satu prestasi besar Indonesia.

"Sebagai negara besar dengan kemampuan sumberdaya dan teknologi survei dan pemetaan yang masih terbatas, kita telah mendapat pengakuan internasional," tulis Bakosurtanal. sumber : VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

visit globe