Kamis, 19 Agustus 2010

iPad Sukses, Produsen Netbook Kurangi Produk


Steve Jobs secara tegas menyatakan bahwa iPad akan bersaing langsung dengan netbook.


Menurunnya permintaan pasar atas notebook berkinerja rendah dan berharga terjangkau akibat mendapatkan tekanan yang berat dari produk Apple iPad membuat produsen netbook menurunkan produksinya di kuartal ketiga 2010.

Berbicara dalam sebuah konverensi investor, Jerry Shen, Chief Executive Officer Asustek Computer menyebutkan, perusahaannya hanya akan memasarkan 1,4 juta uni netbook di kuartal mendatang. Angka ini relatif rendah untuk ukuran kuartal puncak di setiap tahunnya.

Faktor utama penurunan penjualan netbook tersebut, menurut DigiTimes adalah kompetisi yang berat dari iPad.

“Kami hanya akan memasarkan 1,4 juta netbook di kuartal ketiga, angkanya lebih rendah dibanding kuartal kedua 2010 saat kami berhasil memasarkan 1,5 juta unit netbook atau 1,6 juta unit pada kuartal pertama,” kata Shen, seperti dikutip dari Apple Insider, 19 Agustus 2010.

Meski demikian, Asus tetap akan menghadirkan netbook 10 inci baru berbasis Windows 7 seharga US$399 pada September, diikuti tablet berbasis Linux berukuran 8,9 inci yang diperkuat oleh prosesor ARM pada Oktober mendatang. Rencananya produk tersebut dilepas antara US$199 sampai 299.

Sebagai informasi, berkat tingginya penjualan netbook mereka, Asus telah menjadi salah satu produsen komputer terbesar di dunia. Pada kuartal yang berakhir Juni lalu, penjualan Asustek membuatnya menduduki posisi kelima sebagai produsen pembuat PC terbesar.

Meski demikian, sejak dipublikasikan pertamakali pada Januari lalu, Steve Jobs secara tegas membandingkan bahwa iPad akan bersaing langsung dengan netbook – yang hanya disebut sebagai laptop murah – di pasar.(np)

• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

visit globe