Sabtu, 21 Agustus 2010

Danareksa Capital Kaji Pembiayaan Tiga Sektor


Tiga proyek yang akan dibiayai tersebut di sektor kehutanan, listrik, dan perumahan.

PT Danareksa (Persero) mengungkapkan pihaknya sedang mengkaji pembiayaan terhadap tiga proyek dari tiga sektor berbeda. Pembiayaan itu direncanakan dibiayai melalui anak usaha yang akan dibentuk, yaitu PT Danareksa Capital.

"Dananya kami coba kumpulkan baik dari BUMN (Badan Usaha Milik Negara) atau swasta," kata Direktur Utama Danareksa, Edgar Ekaputra, di Jakarta, Jumat malam 20 Agustus 2010.

Menurut Edgar, tiga proyek yang akan dibiayai tersebut adalah di sektor kehutanan berupa kegiatan reboisasi yang akan dilaksanakan oleh PT Inhutani. Proyek kedua adalah pembangunan pembangkit listrik berkapasitas kecil yaitu berkisar 4-6 megawatt.

"Nantinya pembeli listriknya PLN (Perusahaan Listrik Negara)," katanya. Sedangkan proyek ketiga adalah di sektor perumahan.

Kendati belum menetapkan pembiayaan yang diperlukan untuk mendanai masing-masing proyek tersebut, Danareksa memperkirakan kebutuhan investasi mencapai lebih dari Rp100 miliar.

Begitu pula dengan instrumen investasi yang akan digunakan untuk pembiayaan proyek itu.

Edgar optimistis, pihaknya bisa memperoleh investor untuk terlibat
dalam proyek tersebut. Investor yang dibidik di antaranya perusahaan
asuransi dan dana pensiun.

"Biasanya mereka membutuhkan investasi jangka panjang, sehingga mencari instrumen investasi yang paling pas," ujarnya.

Dia mengakui, untuk menarik investor guna menanamkan investasi dalam proyek baru cukup sulit karena kebijakan berbeda-beda.

Sebelumnya, Danareksa juga sudah menjalin kerja sama dengan PT Permodalan Nasional Madani untuk penerbitan medium term notes (MTN) II PNM. Penerbitan utang jangka menengah ini dilakukan secara terbatas
(private placement).

sumber : VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

visit globe