Selasa, 07 September 2010

Cara Membuat Postingan Dengan Dreamweaver

dreamweaverCapek sekali memikirkan kontes Rusli Zainal Sang Visioner yang aneh bagi saya. Sebagian kawan mungkin sempat membaca postingan saya yang ini (sudah saya hapus dan sudah saya ganti juga judulnya) hanya saja saya tidak menghapus postingannya karena saya menghargai yang sudah memberi komentar dipostingan tersebut. jadi kalau anda buka halaman tadi anda akan menemukan beberapa komentar dan silahkan anda raba-raba apa isi artikel sebelumnya. Kenapa saya hapus? tentu saja ada alasan sangat kuat karena tidak pernah saya melakukannya sebelumya. Ah sudahlah lupakan saja lebih baik sekarang belajar ngeblog lagi saja, OK!


Apa untungnya membuat postingan dengan dreamweaver? bedanya apa dengan membuat postingan langsung di dashboard blogger.com? Banyak sekali keunggulannya, bahkan kalau boleh saya bilang nilainya 10 banding 1. Nah banyak kan? Dengan dreamweaver anda akan mampu membuat aneka model postingan dan memasukkan style langsung saat melakukan pengetikan dengan mudah, karena selain bersifat WYSIWYG (What You See Is What You Get) dengan dreamweaver kita memiliki panduan saat menyisipkan tag-tag atau style tertentu, sehingga pengetikan menjadi lebih cepat.


Bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti serial cara membuat template sendiri pasti sudah terpasang dreamweaver di komputernya, nah meski belum berhasil membuat template untuk sementara bisa anda manfaatkan untuk menulis postingan saja agar lebih cepat dan rapi.


Sebenarnya untuk hasil terbaik anda perlu membuat sebuah file HTML master untuk membuat lembar kerja pengetikan, dimana file tersebut memiliki style persis dengan template blog yang saat ini anda pakai sehingga funfsi WYSIWYG benar-benar terasa, tapi karena untuk hal ini agak panjang penjelasannya maka saya hanya menyertakan contoh master artikel ini yang bisa anda dowload dibagian akhir artikel, silahkan anda contoh dan edit style-nya sesuai dengan template anda.



Lalu yang perlu diperhatikan adalah cara mempostingnya di dashboard blogger.com, gunakan mode Edit HTML, bukan mode Compose (lihat gambar 1). Lalu Post Options Silahkan diatur seperti pada gambar 2. Ini agar blogger.com tidak melakukan konversi ganti baris otomatis. Sebab semua telah kita atur dengan dreamweaver sebelumnya. Terus yang nanti kita masukkan sebagai postingan adalah mode Code di dreamweaver, bukan Mode Design (gambar 3)


blogger1

gambar1


blogger2

gambar2


dreamweaver

gambar 3


Selain yang diatas, maka semua sama dengan cara posting biasa. Dengan cara ini kita akan mudah jika ingin melakukan postingan terjadwal, sebab kita sudah yakin bahwa hasilnya pasti sesuai yang sudah kita buat sebelumnya. Kalau tidak maka bisa-bisa hasil waktu terbit artikelnya berantakan kan? Inilah manfaat software yang bisa WYSIWYG. O iya jika mengandung gambar maka gambar harus di-upload dulu kemudian baru diganti URL gambarnya dengan yang online.


Kalau masih bingung silahkan anda download file contoh dibawah lalu anda buka dan teliti dengan dreamweaver anda kemudian bandingkan dengan source code halaman artikel ini jika masih bingung, caranya tekan Ctrl+U dan cari bagian artikel. Nah silahkan mencoba, Ingat bahwa anda sudah mulai belajar ngeblog dengan expert, dan sudah harus mulai meninggalkan cara lama dalam ngeblog agar tidak menjadi pemula terus-terusan. Pada postingan selanjutnya mungkin akan saya bahas yang lebih sulit apalagi jika sudah menginjak ngeblog offline untuk kemudian dijadikan online wow pusing deh mau nulisnya gimana, susah mikir kata-katanya.


Download file contoh dengan dreamweaver


0 komentar:

Posting Komentar

visit globe