Sabtu, 18 September 2010

2011, Masyarakat Miskin Melahirkan Gratis

Data WHO, Indonesia salah satu negara dengan jumlah kematian ibu melahirkan tinggi. 

Pemerintah akan menerapkan program persalinan gratis bagi masyarakat miskin yang dirawat di ruang kelas III pada tahun 2011.

Program itu untuk menekan angka kematian ibu melahirkan yang saat ini sudah mencapai angka 228 per 100 ribu kelahiran. Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sediyaningsih mengatakan hal itu saat melakukan kunjungan kerja di Nusa Tenggara Barat.

Program tersebut, lanjut Endang, dapat membantu persalinan masyarakat yang kurang mampu. Setiap tahun masih ada ratusan ibu dan anak yang meninggal akibat penyakit atau penyebab lain.

“Mereka yang meninggal adalah manusia-manusia yang mempunyai jiwa, nama, keluarga dan wajah-wajah yang mengharapkan kebahagiaan. Itu tidak bisa dibiarkan terus terjadi pada abad ini maka kita butuh program cepat untuk mengatasinya,”kata Endang di Mataram, Sabtu 18 September 2010.

Endang menjelaskan program persalinan gratis tersebut sesuai  dengan program pemerintah NTB yakni Angka Kematian Ibu Nol (AKINO). Saat ini tingkat kematian ibu di NTB mencapai 59 orang di sepuluh Kabupaten Kota se NTB.

Provinsi NTB menerapkan program AKINO untuk menekan angka kematian ibu melahirkan.

Selain program persalinan gratis Kementrian Kesehatan juga menetapkan tujuh program fokus dalam pembangunan kesehatan.
Program tersebut adalah pengembangan jaminan kesehatan masyarakat, peningkatan pelayanan kesehatan di daerah terpencil dan kepulauan, ketersediaan obat diseluruh fasilitas kesehatan, pelaksanaan reformasi birokrasi.

Tiga program lainnya adalah pemenuhan biaya operasional kesehatan, penanganan daerah bermasalah kesehatan dan pengembangan kesehatan berstandar Internasional.

Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sediyaningsih melakukan kunjungan kerja selama dua hari di Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Dalam kunjungannya itu Menkes yang didampingi sejumlah Direktur Jenderal meninjau pelayanan pasien di Rumah Sakit Umum Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dia juga menyempatkan diri meninjau pelayanan kesehatan di Puskesmas Tanjung di Kabupaten Lombok Utara.

Data Badan Kesehatan Dunia (WHO), Unicef, UNFPA, dan Bank Dunia yang dirilis 15 September 2010 melaporkan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah kematian ibu melahirkan tinggi. Nomor satunya adalah India.

Seperti dimuat Calcuta News, 17 September 2010, India, Nigeria, Kongo, Afghanistan, Ethiopia, Pakistan, Republik Tanzania, Bangladesh, Indonesia, Sudan dan Kenya menyumbang 65 persen dari tingkat kematian ibu secara global.


sumber : VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

visit globe